Tips Menghadapi Si kecil yang Cengeng

Tips Menghadapi Si kecil yang Cengeng

Si kecil masih cengeng? Setiap kali bermain dengan temannya jika tidak dipinjami mainan pulang-pulang menangis. Atau bisa saat rambutnya dipotong tidak sesuai dengan keinginannya maka ia akan menangis terutama jika digoda temannya. Hal ini memang membuat kita sebagai orangtua terkadang jengkel dengan sikapnya. Bunda, sifat yang dimiliki si kecil ini adalah sensitif sehingga membuatnya mudah cengeng. Nah, kira-kira apa ya yang bisa menghilangkan kebiasaan cengeng si kecil ini? tenang bunda jangan panik dulu, karena kami punya solusinya untuk mengatasi masalah bunda. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Pelancar Asi

Ini beberapa tips menghadapi si kecil yang cengeng         

Tips Menghadapi Si kecil yang Cengeng

Biasanya anak yang berusia 5 sampai 6 tahun saat mengetahui hal yang baru pasti suka. Misalnya si kecil ingin menyelesaikan puzzle yang terdiri dari 1.000 keping bagian yang terpisah. Menyelesaikan puzzle segitu banyaknya pada anak yang berusia 5 tahun ini tidak mudah. Pasalnya, yang sering terjadi pada anak-anak jika ia tidak bisa menyelesaikan, maka ia akan menangis. Dan tangisannya pun berkepanjangan sehingga yang melihatnya jadi kasihan. Nah, agar hal ini tidak terjadi bunda sebelum si kecil mencobanya maka jelaskan tingkat kesulitannya. Supaya nanti jika ia tidak bisa menyusun kepingan puzzle dengan sempurna tidak menangis. Karena menyelesaikan kepingan puzzle yang segitu banyak orang dewasa pun belum tentu bisa dalam waktu 1 pekan. Apalagi si kecil yang masih berumur 5 sampai 6 tahun.

Tunjukkan empati

Bunda saat si kecil jatuh, lalu ia menangis walaupun tidak ada lukanya. Hal yang pertama Anda lakukan adalah menenangkannya agar suara tangisannya mereda. Kemudia ajaklah memecahkan masalah yang dihadapinya. Namun Anda juga jangan membiarkan perasaan si kecil. Agar ia tidak merasa diabaikan oleh Anda bunda. memperhatikan persaan si kecil ini bukan berarti bunda memanjakannya, lho! Karena jika anak ini dimanjakan akan menjadi cengeng.

Berikan bantuan untuk mengatasi masalahnya

Bunda jika si kecil merasa kesulitan dengan masalah yang ia hadapi, maka ajarkan padanya untuk meminta bantuan orang lain. Namun jika ia merasa mampu menyesaikannya, maka lebih baik masalah yang sedang dihadapi diselasaikan sendiri. Selain itu juga jelaskan pada si kecil bahwa setiap menusia pasti mempunyai masalah. Tetapi masalah yang dihadapinya itu berbeda-beda.

Itulah tadi beberapa tips menghadapi si kecil yang masih suka cengeng. Semoga informasi yang kami berkan tentang tips menghadapi si kecil yang cengeng bermanfaat.

 

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *