Sebelum Memberi Hukuman Pada Anak! Ini Tahapannya

Sebelum Memberi Hukuman Pada Anak! Ini Tahapannya

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, namun kesalahan yang pernah diperbuat ini bisa dijadikan sebagai sarana belajar. Tujuannya agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Nah, untuk itu bunda jika si kecil ini melakukan kesalahn maka jangan dibiarkan. Sebagai orangtua sebaiknya Anda menjelaskan sebab akibat dari perbuatannya. Karena dengan begitu anak tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun jika anak melakukan kesalahan maka yang pertama dapat Anda lakukan adalah memberitahunya bahwa perbuatan tersebut salah. Tetapi jika perlu diberi hukuman, maka sebelum memberikan hukuman harus berdasrkan tahap-tahapnya. Lantas, bagaimana tahap-tahapnya? Simak dilansiran dibawah ini bun.

Pelancar Asi

Ini beberapa tahapan-tahapan sebelum memberikan hukuman pada anak

Hak pendidikan  

Bunda dalam memberikan hukuman, pertama Anda harus memberikan batasan tentang perilaku yang dilarang dan boleh dilakukan. Misalnya anak diminta melakukan tugas, namun ia belum diberi tahu oleh bunda kemudian melakukan kesalahan itu adalah wajar. Maka dalam hal ini tidak dibenarkan jika bunda memberikan hukuman pada sang anak. Mengapa? Sebab ia tidak tahu apa batasan-batasan yang harus dilakukan. Cara mendidik yang seperti ini tidak dibenarkan, sebab sebagai orangtua Anda berkewajiban memberikan hak pendidikan sejak kecil.

Identifikasi jenis kesalahan

Bunda, meskipun anak melakukan kesalahan. Namun kesalahan tersebut memiliki kadar yang berbeda. Dengan begitu dalam memberikan pendidikan pada anak ini harus disesuaikan dengan jenis kesalahannya. Sebab meskipun melakukan sama-sama kesalahan, tetapi jenis kesalahan setiap anak lakukan ini berbeda. Maka begitu juga dengan cara mendidiknya akan berbeda. Nah, dalam memberikan pendidikan pada anak yang melakukan kesalahn, maka harus disesuaikan jenis kesalahan yang diperbuat.

Periksa kondisi hati dan niat ketika hendak menghukum

Dalam menghukum anak ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang kesalahan yang lakukannya. Sebab dengan hukuman yang diberikan anak akan mengerti bahwa setiap perbuatan memberikan dampak. Pasalnya , dalam menerapkan hukuman tidak boleh dalam keadaan emosi atau kata-kata hardikan. Begitu pula dengan hukuman yang diberikan bukan untuk balas dendam. Melainkan untuk mengubah perilaku buruk anak agar jika ia besar menjadi pribadi baik.

Itulah tadi beberapa tahapan-tahapan sebelum memberikan hukuman pada anak. Semoga informasi yang kami berikan tentang tahapan sebelum memberikan hukuman pada anak bermanfaat.

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *