Posisi Duduk Dan Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Pada awal kehamilan ibu hamil masih bisa duduk dan tidur sesuai dengan keinginan dan kenyamanan, hal ini disebabkan karena perut ibu yang masih belum membesar, akan tetapi menginjak usia 15 minggu ibu tidak akan bisa bebas seperti di awal karena pada tahapan ini mulai terjadi pembesaran pada perut sang ibu. Tetapi untuk anda para ibu sebaiknya tidak terlalu khawatir akan hal ini, kenapa demikian? Karena struktur bagian tubuh yang dimiliki ibu hamil sangat khas dan unik, struktur inilah yang tidak hanya memberikan rasa nyaaman tetapi juga memberikan keamanan pada bayi yang dikandung oleh sang ibu. Sebenarnya bagaimanapun posisi duduk dan tidur tidak berpengaruh kepada kenyamanan janin yang anda kandung karena didalam perut ibu, bayi sudah memiliki ruang khusus yaitu rahim dan didalamnya terdapat cairan ketuban yang memungkinkan bayi mengapung didalamnya sehingga janin memiliki ruangan tersendiri untuk bergerak bebas. Akan tetapi hal yang tidak kalah pentingnya dan harus menjadi perhatian khusus bagi ibu hamil adalah  Posisi duduk dan tidur yang baik bagi ibu hamil, bagaimanakah posisi tersebut? Silahkan anda pelajari artikel di bawah ini :

Pelancar Asi
  • Posisi duduk yang baik. Posisi duduk yang salah bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi, oleh karena itu ibu harus cerdas dalam memilih posisi duduk untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, bagaimanakah posisi-posisi tersebut, silahkan simak pembahasan kami dibawah ini,
  1. Hindari posisi duduk membungkuk. Mungkin untuk awal-awal kehamilan posisi duduk ini tidak begitu terasa dampak buruknya Akan tetapi jika usia kehaminan sudah memasuki trimester ketiga posisi duduk jenis ini akan terasa sangat berat, jika dibiasakan posisi duduk jenis ini bisa membahayakan kesehatan ibu hamil karena beban diperut yang terlalu berat akan menimbulkan tulang belakang wanita menjadi bengkok karena beratnya beban yang harus di topang oleh sum-sum tulang belakang pada ibu hamil.
  • Hindari posisi duduk dengan kaki yang bergantung. Duduk jenis ini sangat tidak dianjurkan untuk para ibu yang sedang hamil, mengapa demikian? Karena duduk dengan menggantungkan kaki akan meningkatkan aliran darah ke kaki, dan hal ini bisa memicu timbulnya pembengkakan pada kaki. Usahakan agar telapak kaki menyentuh lantai jika sedang duduk hal itu lebih aman dan nyaman bagi para ibu hamil.
  • Posisi tidur. Pemilihan posisi tidur berikut ini patut anda coba dirumah, karena selain tidak membahayakan janin yang ada didalam kandungan, pastinya posisi ini bisa memberikan kenyamanan untuk tidur anda khususnya untuk ibu hamil.
  1. Posisi tidur tengkurap. Memang posisi ini aman dilakukan oleh ibu hamil akan tetapi tidak di anjurkan untuk para ibu menggunakannya apalagi jika kehamilan memasuki trimester ke tiga dimana ukuran perut ibu sudah mulai mengalami perubahan. Akan sangat tidak nyaman jika ibu tidur dengan posisi tengkurap karena untuk mensejajrkan posisi tubuh lutut harus diganjal dengan sesuatu seperti bantal misalnya.
  2. Posisi tidur miring. Posisi ini dirasa cukup efektif untuk ibu hamil karena kondisi perut yang semakin membesar, tidur dengan posisi miring ini juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah ke plasenta bayi sehingga nutrisi bayi bisa terpenuhi dengan sempurna, manfaat lainnya adalah tidur dengan posisi ini bisa melancarkan sistem metabolisme pada ibu hamil.

Menjaga kehamilan memang bukan perkara yang mudah sehingga ibu hamil dituntut untuk selalu berhati-hati dalam memilih Posisi duduk dan tidur yang baik bagi ibu hamil. Semoga kehamilan anda berjalan lancar dan bayi anda lahir dengan selamat.

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *