Mengetahui Masa Subur Pria dan Tips Menjaga Kualitas Sperma

Masa subur pria sendiri sebenarnya perlu diketahui untuk mempercepat kehamilan, bukan hanya wanita saja. Hal ini dikarenakan kesuburan pria sangat mempengaruhi proses pembuahan yang terjadi. Selain itu, pria sendiri bisa dianggap subur apabila berhasil membuahi ovum atau sel telur.
Masa Subur Pria
Berbeda dengan wanita, pria tak mempunyai masa subur seperti halnya wanita yang bisa dihitung secara spesifik. Masa subur bagi pria sendiri bisa dikatakan apabila pria tersebut telah memproduksi sperma saat memasuki masa remaja atau akhil balig sampai berusia lanjut.

Masa subur pria bisa dikatakan ketika pria itu sendiri masih mampu memproduksi sperma dengan baik dan juga dapat melakukan ejakulasi. saat proses ejakulasi sendiri, maka pria mampu mengeluarkan sperma yang dapat bertahan hingga 2 hari pada dinding rahim seorang wanita.

Bahkan, ada saja sperma yang bisa tahan sampai seminggu di dalam rahim. Mungkin, Anda sendiri bertanya-tanya bagaimana caranya mengetahui masa subur untuk pria itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui masa subur seperti pemeriksaan dengan cara yang langsung.

Pelancar Asi

Pemeriksaan masa subur bagi pria, bisa dilakukan dengan menggunakan alat mikroskop oleh dokter kandungan. Adapun pemeriksaan meliputi pemeriksaan sperma itu sendiri dengan menunjukan karakter atau ciri-ciri tertentu dari sperma. Bagi Anda yang belum mengetahui, ciri-ciri dari sperma yang berkualitas berikut ini tandanya :

• Sperma berbentuk seperti kecebong dengan bentuk yang sedikit ramping dan bagus.

• Biasanya sperma yang diproduksi bisa mencapai 20 juta/ml lebih setiap terjadinya ejakulasi per 1 kali.

• Sperma bergerak dengan lincah serta dapat berenang dengan baik dan cepat, dengan gerakan yang lurus sampai memasuki area rahim wanita.

• Sperma itu sendiri bisa bertahan hingga 2 hari bahkan lebih dalam rahim seorang wanita. Selain itu, sperma yang berkualitas juga dapat menembus penghalang pada area rahim maupun dinding rahim, seperti lendir.

Adapun agar membuat kualitas sperma menjadi lebih bagus dan mampu membuahi sel telur wanita, maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

1. Mengkonsumsi makanan bergizi
Tips yang pertama untuk mempertahankan kualitas sperma adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Anda bisa mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan yang kaya akan vitamin. Sehingga bisa merangsang produksi sperma yang lebih berkualitas.

2. Menerapkan pola hidup sehat
Adapun tips yang berikutnya adalah dengan menjalani dan menerapkan kebiasaan atau pola hidup sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat ini, maka kualitas sperma akan tetap bagus dan terjaga. Bagaimana caranya? dengan cara menghindari rokok, menghindari asupan minuman beralkohol maupun bersoda, serta meminimalisir konsumsi kafein. Jadi, bagi Anda yang ingin segera hamil maka Anda harus mulai menjalani pola hidup sehat mulai dari sekarang.

3. Berhubungan intim dengan sehat
Untuk menjaga dan memperbaiki kualitas sperma, maka Anda bisa melakukan hubungan intim dengan teratur maksimal 4 kali seminggu dengan waktu berselang-seling. Hal ini juga bisa dimanfaatkan agar sperma lebih mudah masuk pada rahim wanita, berenang dengan cepat, bertemu sel telur dan membuahi sel telur. Selain itu, sangat penting berhubungan intim di waktu-waktu yang tepat yakni saat masa subur wanita berlangsung. Karena umumnya, saat masa subur wanita sel sperma dapat dengan mudah membuahi sel telur dan terjadilah kehamilan.

Ya, itulah beberapa tips untuk menjaga kualitas sperma agar lebih mudah membuahi sel telur pada rahim wanita. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang tepat mengenai masa subur pria yang berperan penting dalam proses pembuahan.

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *