Cara Memperbanyak ASI yang Mulai Berkurang dengan Cara Alami

Cara Memperbanyak ASI yang Mulai Berkurang dengan Cara Alami : Bunda – bunda yang menyusui pasti sering mengalami kondisi air susu menurun atau malah meningkat secara drastis, kan? Air susu yang meningkat mungkin menjadi kebahagiaan tersendiri bagi si buahhati. Namun bagaimana jika air susu ibu mulai menurun? Jangan khawatir, semua itu bisa di atasi. Berikut ini adalah beberapa cara memperbanyak ASI yang Mulai Berkurang yang bisa bunda lakukan sendiri di rumah. Karena caranya mudah dan praktis, tidak memerlukan peralatan khusus atau obat – obatan khusus.

Pelancar Asi

Cara Alami yang Bisa Bunda Lakukan untuk Tingkatkan ASI yang Mulai Menurun

Kebutuhan buah hai akan air susu ibu memang tidak dapat di pungkiri. Air susu ibu akan sangat banyak memberikan manfaat untuk buah hati, selain untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, air susu ibu juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kognitif atau kecerdasan buah hati, oleh karena itu, penting sekali bagi bunda – bunda semua untuk memberikan ASI secara eksklusif untuk buah hai tercinta. Namun kadang yang sering terjadi, produksi air susu bunda sering mengalami penurunan, nah untuk mengatasi hal ha tersebut kami akan memberikan beberapa tips sebagai cara memperbanyak ASI yang Mulai Berkurang

  1. Jaga Asupan Gizi

Cara memperbanyak ASI yang Mulai berkurang yang pertama adalah dengan menjaga asupan gizi. Meski sudah menyusui cukup lama, misal satu tahun atau lebih. Bunda harus tetap menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh bunda. Karena buah hati ubunda tetap membutuhkan air susu yang berkualitas dari bunda. Jadi, tetap biasakan untuk makan makanan yang bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI seperti sayuran hijau, labu – labuan, beras merah, dan lain sebagainya.

  1. Jaga Pikiran Agar Tidak Stress

Ternyata stress juga berpengaruh terhadap produksi air susu bunda. Tingkat stress yang meningkat akan membuat produksi air susu bunda menurun, nah untuk itu mula sekarang jaga pikirannya yang bunda agar air susu bunda bisa tetap lancar dan memiliki kualitas yang baik. meski urusan rumah mungkin bnayak, liburan tetap perlu ya bund, manfaatkan waktu pagi atau sore hari untuk berjalan – jalan menikmati udara sekitar bersama keluarga tercinta.

  1. Berikan ASI Kepada Buah Hati Secara Rutin

Cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang selanjutya adalah dengan memberikan air susu secara eksklusif kepada buah hati. hindari kebisaan memberikan susu formula kepada buah hati ya, bund. Karena tanpa di sadari, anak bayi yang sering di berikan susu formula justru akan mengurangi kemauann bayi terhadap air susu ibu. seperti yang sudah di ketahui, jika bayi jarang minum air susu dari ibu maka produksi air susu ibu pun akan mengalami penurunan. .

  1. Pijat Putting dengan Minyak Kelapa Secara Rutin

Cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang selanjutnya adalah dengan memijat putting secara rutin dengan menggunakan minyak kelapa. Hal ini akan merangsang kelenjar susu untuk mengeluarkan air susu. Oh ya, bund, memijat putting dengan minyak kelapa secara rutin ini juga mampu mengurangi rasa sakit pada payudara, lho. Cara mudah ini bisa banget bunda terapkan sendiri di rumah . Tapi jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat setelah melakukan pemijatan ya, bund. Agar kebersihannya tetap terjaga, dan buah hati bunda tetap menikmati air susu bunda dengan nyaman.

  1. Biasakan Menyusui dengan Posisi yang Benar

Menyususi dengan posisi yang benar juga menjadi salah satu cara memperbanyak ASI yang mulai berkurang. Bagaimana posisi menyusui yang benar? Caranya yaitu, jangan menekan putting saat menyusui, biarkan saja buah hati anda menyusu dengan sendirinya, cara ini akan membuat air susu keluar dengan stabil. Selain itu, biasakan untuk menyusui buah hati secara bergantian. Namun yang perlu di perhatikan ketika hendak mengganti posisi adalah pastikan air susu habis dulu, baru mengganti ke posisi yang lain.

Dengan Cara Menyusui yang Benar, Kuantitas ASI Bunda akan Stabil dan Berkualitas

Bunda, sekarang bunda tidak perlu khawatir lagi air susu bunda akan menurun meski pun bunda sudah menyusui lama. Dengan menerapkan hal – hal di atas, maka produksi air susu bunda akan cenderung stabil.

Meski sudah banyak susu formula yang beredar di pasaran, jangan biasakan memberikan anak susu formula ya, bund. Karena hal ini akan membuat anak tidak tertarik lagi dengan air susu ibu. memberikan susu formul apada anak yang masih berusia dini juga bisa berpotensi menyebabkan obesitas lho, bund. Nah, pastinya bunda – bunda semua tidak ingin buah hatinya obesitas, kan ? Yuk, bund, mulai sekarang sayangi buah hati dengan membiasakan memberi air susu ibu secara eksklusif untuk buah hati tercinta, demi kesehatan, dan juga demi kecerdasan uah hati kelak.

 

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *