8 Jenis Makanan Penyebab Keguguran Di Gejala Awal Kehamilan

Penyebab keguguran di gejala awal kehamilan perlu untuk dihindari bagi wanita hamil agar kondisi hamil tetap baik dalam kandungan sampai melahirkan. Pada dasarnya wanita hamil dituntut banyak pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi untuk menunjang nutrisi pertumbuhan janin.

Banyak jenis makanan yang dikonsumsi untuk wanita hamil. Banyak pula jenis makanan yang mengakibatkan keguguran untuk wanita hamil. Memang jenis makanan itu baik untuk tubuh dan banyak kandungan protein dan nutrisinya namun tidak baik untuk wanita yang sedang hamil.

Untuk itu, bagi kalangan wanita hamil perlu mengetahui jenis makanan yang menyebabkan keguguran yang perlu untuk dihindari. Berikut ini jenis-jenis makanan penyebab keguguran di gejala awal kehamilan, antara lain:

Pelancar Asi

1. Nanas

Gejala Awal Kehamilan
Nanas penyebab terjadinya keguguran. Disarankan bagi ibu hamil untuk tidak sering-sering mengkonsumsi nanas dan berbagai macam jenis olahannya. Kandungan nanas memberikan efek samping yang besar untuk terjadinya keguguran khususnya ibu yang hamil muda.

2. Kepiting


Kepiting merupakan jenis makanan seafood yang memiliki rasa yang lezat dan banyak masyarakat yang memfavoritkannya. Kandungan nutrisi kepiting sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kepiting juga memiliki kandungan kalsium untuk memperkuat gigi dan tulang.

Namun untuk wanita hamil perlu untuk menghindarinya khususnya bagi hamil di trimester pertama. Kepiting akan menyebabkan ukuran rahim semakin menyusut. Selain itu, pendarahan genital akan terjadi jika banyak mengkonsumsi kepiting bahkan bisa mengakibatkan keguguran.

3. Delima


Buah delima menyebabkan keguguran jika dikonsumsi dengan jumlah berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka kontraksi dalam perut akan terjadi dan mengakibatkan keguguran. Satu hal yang paling berbahaya buah delima adalah di bagian bijinya.

4. Ikan Kaleng


Ikan memiliki kandungan vitamin dan protein yang sangat dibutuhkan untuk wanita hamil. Namun untuk masa kehamilan tiga bulan pertama hindari untuk mengkonsumsi ikan kaleng karena banyak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia bagi tubuh. Bahan-bahan inilah yang menyebabkan terjadinya keguguran.

5. Pepaya muda


Buah pepaya muda sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena akan menghambat perkembangan embrio. Senyawa yang ada di pepaya muda menyebabkan kontraksi tinggi di bagian rahim wanita hamil sehingga mudah mengakibatkan keguguran. Hal ini sudah dibuktikan diberbagai macam penelitian dari ahli kesehatan di dunia.

6. Durian


Bagi wanita yang menggemari buah durian, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan asam archidonat pada durian akan merangsang kontraksi dan fatal untuk janin dalam kandungan. Selain itu, alkohol juga sangat buruk untuk kehamilan dan penyebab kelahiran bayi prematur dan berat badan yang rendah. Durian dan alkohol adalah penyebab keguguran yang perlu diketahui.

7. Telur dan daging


Telur dan daging sangat buruk untuk dikonsumsi bagi wanita hamil karena menyebabkan terjadinya keguguran. Perlu berhati-hati untuk mengkonsumsi telur dan daging khususnya dua makanan ini jika dimasak setengah matang bahkan dalam keadaan mentah sekali pun. Hal ini akan menjadi pemicu terjadinya keguguran. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi telur dan daging setiap harinya ketika masa awal kehamilan.

8. Keju


Keju perlu dihindari bagi ibu hamil. Disarankan bagi hamil tidak mengkonsumsi keju dalam bentuk dan olahan apapun. Pilih jenis makanan yang lain yang lebih aman untuk kesehatan tubuh dan janin.

Itulah jenis-jenis makanan yang menyebabkan keguguran di gejala awal kehamilan yang perlu diperhatikan secara bijaksana bagi ibu hamil muda di trimester pertama.

Pelancar Asi

4 thoughts on “8 Jenis Makanan Penyebab Keguguran Di Gejala Awal Kehamilan

  1. lilis

    saya seorang ibu rumah tangga… butuh waktu berapa lama saya bisa hamil lagi setelah pasca kuret.. terima kasih

    Reply
  2. hise ali

    Dah dua thun berkeluarga tpi blom di ksih momongan bun. Dulu sempat hamil tpi di usia kandungan 13 minggu saya mengalami kguguran bun. Dan skg jeda dri wktu kggrun dah 1 thun lebih lom hamil jga.. Tolong solusi nya bun..
    Mksih….

    Reply
  3. nita

    Saya baru 1 bulan berkeluarga tapi saya sudah sangat ingin punya momongan.
    Dulu saat saya akan menikah saya makan obat KB selama 3 hari tapi setelah 3 hari itu saya berhenti memakannya karna dilarang oleh suami saya, apakah itu berdampak pada kehamilan?
    Bagaimana caranya agar hamil cepat?
    Mohon bantuannya. Bantuan anda sangat berarti bagi saya..
    Terima kasih.

    Reply
  4. bunga intan permatasari

    Dok saya telat halangan 1 bulan . Apakah itu menyebabkan hamil . Tapi tidak mual dan mengeluarkan flek

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *