7 Daftar Nutrisi Penting Ibu Hamil Muda Trimester Pertama Kedua 2 3 4 5 6 8 Bulan

Ini 7 Daftar Nutrisi Penting Ibu Hamil Muda Trimester Pertama Kedua 2 3 4 5 6 8 Bulan yang Wajib Anda Tahu

Pelancar Asi

Sudah banyak penelitian yang membenarkan bahwa seorang ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan nutrisi janinnya untuk menjamin bayi lahir sehat dan sempurna. Sebab, bila pola hidup si ibu dan konsumsi makanan selama hamil kurang baik, maka ada banyak risiko yang harus dihadapi.

Mulai dari tumbuh kembang bayi yang kurang sempurna, keguguran, bayi lahir prematur, hingga kematian bayi. Karenanya, untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan ini, Anda perlu memperhatikan pola makan Anda sejak Anda dinyatakan hamil.

Anda perlu tahu nutrisi mana yang perlu dikonsumsi, dan mana yang harus dihindari. Jika sampai salah memilih nutrisi, maka hasilnya bisa buruk bagi janin. Sebab, adalah hal yang salah kalau Anda berpikir bahwa yang penting makan banyak untuk porsi dua orang.

Yang terpenting bukan seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi, melainkan apa saja yang Anda nikmati. Agar bisa membantu Anda dalam memilih asupan nutrisi yang tepat, perhatikan beberapa informasi nutrisi penting ibu hamil yang perlu Anda penuhi seperti berikut.

1. Karbohidrat

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi karbohidrat yang mengandung zat tepung. Anda bisa mendapatkannya dari pasta, kentang, nasi dan juga roti. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 7 sampai 11 porsi per hari, disesuaikan dengan kebutuhan kalori Anda.

2. Protein

Anda membutuhkan hingga 70 gram protein per hari saat hamil. Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi aneka makanan sumber protein setiap hari, seperti susu, kerang, yogurt, telur, tahu, daging dan ikan. Setidaknya, nikmati tiga sampai empat porsi protein per hari dengan sumber yang bervariasi.

3. Lemak

Jangan pikir kalau lemak tidak dibutuhkan bagi tubuh ibu hamil. Anda pun, membutuhkan lemak untuk menunjang tumbuh kembang janin agar lebih maksimal. Nilai minimal lemak yang disarankan memang tidak ada.

Tapi, jangan juga mengkonsumsi lemak secara berlebihan. Lebih baik, pilih lemak nabati yang sehat seperti alpukat, kacang -kacangan, dan biji -bijian.

4. Serat dan vitamin

Untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin harian, ibu hamil membutuhkan sekitar 3 cangkir sayuran dan 2 cangkir buah -buahan. Serat yang didapat dari sayur dan buah ini sangat baik untuk membantu kinerja sistem pencernaan Anda.

Selain itu, di dalam sayur dan buah juga terkandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Pilihlah sayur dan buah yang bervariasi. Untuk sayuran, perbanyak konsumsi sayuran hijau agar Anda bisa memperoleh tambahan zat besi, asam folat dan vitamin A. Beberapa sayur dan buah yang bisa Anda pilih misalnya bayam, apel, jeruk, ubi jalar, mangga dan lainnya.

5. Kalsium

Penuhi kebutuhan kalsium per hari dengan tiga cankir susu atau susu kedelai. Selain susu, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari keju.

Tapi, pilihlah keju yang rendah lemak. Selain itu, yogurt rendah lemak juga bisa Anda pilih. Kalsium yang terdapat dalam yogurt justru lebih tinggi ketimbang secangkir susu.

6. Zat besi

Seorang ibu hamil membutuhkan zat besi 50 persen lebih banyak ketimbang biasanya. Apalagi, ketika trimester terakhir, maka kebutuhan zat besi ini jadi semakin penting untuk Anda dan janin. Dengan zat besi, maka tubuh Anda bisa membentuk hemoglobin yang berperan untuk memasok oksigen bagi sel darah merah.

Setidaknya, penuhi 27 miligram zat besi setiap hari. Sebab, jika sampai mengalami kekurangan zat besi, maka Anda akan merasa lebih mudah lelah dan terkena anemia defisiensi besi. Jika sampai terjadi, bayi Anda berisiko lahir dengan berat badan rendah.

7. Asam folat

Asam folat sangat penting, terutama mulai usia kehamilan 12 minggu. Setidaknya, penuhi asupan asam folat hingga 400 mcg per hari. Selain asam folat, Anda pun perlu asupan folat yang merupakan jenis asam folat alami.

Kebutuhan folat ini penting untuk dipenuhi, tapi tidak ada takaran jelas yang dianjurkan.

Jika asam folat bisa Anda dapat melalui suplemen, maka folat bisa Anda dapat melalui sayuran yang berwarna hijau. Dengan memenuhi asupan folat dan asam folat, maka bayi Anda akan terhindar dari risiko cacat tabung saraf atau cacat lahir.

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *