7 Ciri Ciri Ibu Hamil Sehat dan Tanda Wanita Muda Yang Tidak / Kurang Sehat

7 Ciri Ciri Ibu Hamil Yg Sehat dan Tanda Janin Pada Wanita Muda Yang Tidak Kurang Sehat

Tekanan Darah

Bagi ibu yang sedang hamil pasti tidak akan memikirkan kesehatan dirinya sendiri tapi juga memikirkan kesehatan untuk janin atau jabang bayi yang sedang dikandungnya.

Pelancar Asi

Suatu kehamilan sangat membutuhkan kondisi tubuh yang sehat yang berkaitan dengan berat badan yang normal dan keadaan tubuh yang sehat, simbang. Bagi ibu yang sedang hamil maka harus menghindari dari berbagai macam penyakit khususnya penyakit kronis.

Untuk mengetahui tanda kehamilan yang sehat, berikut ini ciri ciri ibu hamil yang sehat, antara lain:

1. Kadar gula dan tekanan darah normal

Indikator yang utama untuk ibu yang sedang hamil sehat adalah kadar gula dan tekanan darah yang dalam tubuh perlu dipantau ketika masih masuk di kehamilan pertama. Kadar gula dan tekanan darah akan mengalami peroses fluktuasi selama masa kehamilan mengalami perkembangan bulan yang lebih tinggi. Jika hal ini diperiksa dengan proses tekanan darah dan kadar gula yang normal maka dipastikan ibu mengalami kehamilan yang sehat.

2. Keadaan rahim dan plasenta

Untuk penjagaan janin yang lebih intensip di dalam rahim, maka keadaan rahim dan plasenta harus selalu sehat sampai masa melahirkan tiba. Plasenta yang sehat adalah plasenta yang melekat dengan efektif di bagian dinding rahim. Jika hal ini tidak terjadi maka akan menyebabkan kelahiran prematur bahkan bisa jadi mengalami keguguran yang sangat mengecewakan bagi ibu hamil.

3. Proses pertumbuhan janin

Proses dan pertumbuhan janin dalam kandungan akan menentukan kondisi bayi pada masa perkembangannya. Untuk mengetahui keadaan normalnya, bisa memeriksakan ke rumah sakit atau dokter kehamilan ketika ibu di masa kehamilan dengan menggunakan tes USG.

Jika nanti pertumbuhan janin masih kekurangan oksigen di bagian dalam rahim maka hal ini akan mengakibatkan gangguan pada fungsi plasenta dan hal ini sangat membahayakan untuk proses pertumbuhan janin.

4. Berat badan

Berat badan yang baik untuk ibu yang sedang hamil menurut kalangan ahli kesehatan khususnya dokter kehamilan, ibu hamil harus meningkat 13-15 kilogram selama masa kehamilan terjadi. Khususnya sebelum masa hamil terjadi sudah memiliki berat badan yang normal dan sehat. Namun jika mengalami kelebihan berat badan maka yang harus dilakukan adalah menguranginya namun jangan sampai menghilangkan nutrisi yang baik untuk janin.

5. Kadar hormon

Ibu yang hamil akan menghasilkan progesteron yang jauh lebih tinggi daripada tidak hamil. Hormon ini yang nantinya akan mengatur proses penempelan janin dalam rahim dan menjaga rahim dari berbagai macam kontraksi selama masa kehamilan. Selain itu, bisa membantu pembangunan jaringan dan menguatkan rahim.

6. Pertumbuhan di perut

Untuk mengetahui proses pertumbuhan perut yang baik dan sehat perlu untuk rutin membawa ibu hamil ke dokter kehamilan agar nanti sang dokter bisa mengukur perut pada ibu hamil untuk kepastian perkembangan janin atau bayi di tingkat yang normal dan sehat.

7. Pergerakan janin

Para dokter sudah menyarakan untuk selalu menghitung pergerakan janin untuk mengetahui dan melacak kesehatan kehamilan yang terjadi. Bagi ibu yang sedang hamil akan merasakan gerakan janin di masa kehamilan menginjak 6-10 minggu. Gerakan janin inilah yang memastikan bahwa janin atau jabang bayi mendapatkan penerimaan cukup oksigen dan pasti berada di kondisi yang baik-baik saja.

Itulah ciri ciri ibu hamil sehat yang harus diketahui bagi kalangan wanita yang sudah ingin memiliki momongan dan menggendong bayi agar keluarga yang dibangun menjadi lebih harmonis dan terasa sempurna.

Pelancar Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *